Sabtu, 30 Juli 2011

Lima buah, puluhan manfaat


Indonesia dikaruniai oleh tanah yang subur dan iklim yang hangat. Itulah sebabnya berbagai macam buah dan sayuran kini mudah ditemui dimana-mana. Diantara buah-buahan tersebut, strawberry, alpukat, kiwi, semangka dan plum memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui orang.

Strawberry

Strawberry mempunyai kandungan vitamin lebih banyak daripada buah jeruk. Selain itu, buah berwarna merah ini juga dikenal memiliki jumlah serat yang sangat baik. Apabila kadar gula darah melonjak, anda cukup mengkonsumsi semangkuk strawberry untuk menormalkannya kembali. Manfaat lainnya adalah: membersihkan racun-racun berbahaya yang terdapat dalam darah, menghilangkan karang gigi serta memperkuat gusi.

Alpukat

Alpukat menyediakan banyak sekali antioksidan yang berfungsi untuk melawan kanker. Memang benar kalau buah berbiji bulat ini mengandung banyak lemak, tapi lemak yang ada di alpukat adalah jenis lemak yang baik untuk kesehatan. Sejak dahulu kala, alpukat juga digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan seksual dan memperlancar pencernaan.

Kiwi

Buah berbulu halus ini sangat berperan dalam mencegah serangan jantung, karena ia memiliki substansi yang dapat mengurangi penggumpalan darah. Makanya, bagi anda yang rutin mengkonsumsi aspirin setiap hari untuk mengurangi penggumpalan darah, bisa juga digantikan dengan dua atau tiga buah kiwi per hari. Bahkan kiwi jauh lebih baik daripada aspirin karena alami dan tidak memiliki efek samping. Kiwi juga kaya akan serat yang dapat melindungi anda dari penyakit jantung, diabetes, dan kanker kolon. Terakhir, kiwi ternyata juga ampuh untuk mengobati gangguan pernapasan dan batuk.

Semangka

Dalam satu buah semangka terdapat kandungan potassium, vitamin A dan vitamin C. Dan hanya dalam dua mangkuk semangka tersedia 18 miligram lycopene, yaitu antioksidan pelawan kanker. Jumlah itu jauh lebih banyak daripada yang terkandung dalam satu buah tomat berukuran sedang.

Daripada disimpan di lemari es, lebih baik anda menjaga buah semangka tetap dalam suhu ruangan. Mengapa? Karena jika anda mendinginkannya, maka jumlah antioksidannya (lycopene dan beta-karotin) akan berkurang.

Plum

Meskipun masih asing bagi sebagian orang Indonesia, namun buah yang satu ini mulai banyak ditemukan di toko-toko swalayan di seantero negeri. Plum memiliki beragam warna dan merupakan sumber alami untuk vitamin C, A, B2, beta-karotin dan potassium. Plum baik dikonsumsi oleh anda yang ingin berdiet, karena ia memiliki serat yang tinggi. Mengurangi gejala demam, flu, asma, penyakit jantung, stroke, rematik dan kanker adalah manfaat dari buah yang sering dijadikan manisan ini. Tidak itu saja, plum juga membantu menyerap zat besi dalam tubuh dan berguna sebagai pencahar alami. (Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar